Posted by : Fun To Programming
Sabtu, 26 Januari 2013
Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat objek kursi,yg dibuat dengan menggunakan objek mesh yaitu cube,pertama kita tentukan ukurannya,yaitu dengan menggunakan cara s+z yang artinya scale(memperbesar atau memperkecil) pada kordinat pada sumbu z
Nah setelah kita tentukan ukuran berdasarkan
sumbunya,lalu gunakan shorcut ctrl+r untuk menambah garis pada objek namun
sebelumnya pastikan dalam keadaan edit mode dengan cara mengetik Tab mode pada
objek
Berikut adalah seberapa banyak garis yang akan dipakai untuk membuat objek
kursi
Selanjutnya seleksi face-face tertentu seperti gambar dibawah
Lalu setelah diseleksi tekan extrude untuk membuat sandaran kursi
Lalu sekarang seleksi face yang dibawah untuk membuat pijakan kursi ,lalu
tekan extrude untuk menariknya
Kembali lagi ke bagian atas skrng hilangkan face yang ada disebelah kanan
setiap sandaran kursi lalu di delete facenya,agar kita dapat membentuk sandaran
yang sesuai
Berikut adalah gambaran face yang telah disesuaikan
Nah setelah kita hilangkan facenya,skrng kita seleksi edge(garis) pada
setiap sisi,lalu tekan F untuk menyatukannya(gambar dibawah untuk menyatukan
bagian depan
Kemudian bagian atasnya kita satukan edge(garis)nya
Selanjutnya dibagian belakangnya
Dan yang terakhir adalah bagian bawahnya
Berikut adalah hasil setelah di satukan dari setiap edge bagian atas
sandaran kursi,namun ini masih berbentuk kotak,tidak seperti aslinya,nah
gunakan subdivision surface
Berikut adalah hasil dari subdvision surface
Selanjutnya tentukan Subdivision
berdasarkan View dan rendernya yaitu sy inputkan masing2 =3
Berikut adalah hasilnya,nah lalu kita smooth(perlembut)objeknya
Nah selanjutnya kita tambah garis untuk menyesuaikan bentuk objek yg
sebenarnya
Nah dan yang terakhir saya masukan warna pada
objek yaitu material,pertama klik material,pilih difusse dan tentukan
warnanya,saya memilih warna coklat
Berikut adalah hasil rendernya