• Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.
Jenis-Jenis Shader:
-Anisotropic adalah material dengan highlight berbentuk ellipse.Biasanya digunakan untuk benda dengan bentuk memanjang
-Blin adalah materian yang mensimulasikan efek logam
-Metal adalah material yang mensimulasikan efek logam
-Multi Layer adalah material dengan highlight berlapis dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic
-Oren Nayar Blinn adalah material yang sedikit redup dan rata dibandingkan blinn,misalnya untuk karpet
-Strauss adalah material dengan permukaan metalik atau non metalik,namun dengan pengaturannya yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya
-Phong adalah material dengan highlight bulat dan lebih tajam dibandingkan Blinn
Face Map
Face Map dalam keadaan mati,map akan digambar pada satu objek.Dalam keadaan aktif,map akan digambarkan di setiap permukaan object
2 Sided
2 sided mengaktifkan material dua sisi,objek dirender pada bagian luar dan dalam di setiap sisinya.Hanya berpengaruh pada material yang tembus pandang,yaitu wire dan transparan
Faceted
Merender objek dengan segmen-segmen yang tajam atau tegas,sehingga objek seolah-olah terdiri dari kumpulan permukaan datar
Ambient
Warna objek yang terjadi di area bayangan.Dapat dikatakan,ambient adalah area yang tidak terkena cahaya
Difuse
Warna objek yang terjadi akibat adanya cahaya.Dapat dikatakan,bahwa diffuse merupakan warna yang sebenarnya atau warna asli dari objek
Specular
Warna objek pada are yang berkilau atau mengkilat,sering disebut highlight.Lokasi gambar tergantung dari lokasi sumber cahaya
Self illumination
Memilih map untuk mengontrol tingkat iluminasi pada bagian-bagian objek.Semakin terang warna pixel,semakin terang pulang iluminasi pada bagian objek tersebut
Opacity
Memilih map untuk mengontrol bagian yang transparan.pixel hitam akan menciptakan area yang transparan penuh,pixel putih akan menciptakan area yang padat,dan warna selain itu akan menciptakan area semi transparan
Falloff
Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih)
Falloff In
Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian tengah (In) objek
Falloff Out
Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian pnggir (out) objek
Filter Color
Memilih map untuk yang akan dicampurkan pada latar belakang material transparan
Subtractive
Menentuka map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih gelap
Additive
Menentuka map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih terang
Texture mapping
Suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur )menjadi polygons
Mapping coordinate
Untuk menentukan posisi kordinat dalam pemetaan gambar objek 3D
sumber:
http://gigihsoak.wordpress.com/category/informasi/page/2/
http://books.google.co.id/books?id=X3kn-0uTpJMC&pg=PA157&lpg=PA157&dq=jenis-jenis+shader+pada+3D&source=bl&ots=y7JGjtpNzA&sig=UBXlWwA3NdjYGVJ8M9Fu4HP31ic&hl=id&sa=X&ei=urK4UO6kHYbkrAe_5IHIBw&ved=0CDcQ6AEwAg#v=snippet&q=jenis-jenis%20shader%20pada%203D&f=false
http://nurmanto.com/pengertian-grafika-komputer/