Posted by : Fun To Programming Jumat, 06 April 2012

 





 
 Pengertian OOP

     Object Oriented Programming(OOP) adalah suatu metode dalam pembuatan program,dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat.

     Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah departemen yang memiliki manager,sekretaris,petugas administrasi data dan lainnya.Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bagian administrasi untuk mengambilnya.Pada kasus tersebut seorang manager tidak harus mengetahui bagaimana cara  mengambil data  tersebut tetapi manager bisa mendapatkan data tersebut melalui objek petugas administrasi.

Menurut Booch,prinsip-prinsi yang mendasari orientasi objek adalah

-Abtraksi
-Pengapsulan
-Modularitas
-Hirarki
-Typing
-Konkurensi
-Persistence


Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.
Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah dimana suatu proses tersebut telah sampai langkah tertentu ,maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langlah sebelumnya/kembali lagi ke baris sebelumnya,kecuali pada langkah-langkah proses berulang(Looping)

Perbedaan Pemrograman Terstrukur  Dan OOP

Pemrogram Terstruktur mempunyai sifat didalamnya memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis serta memuat algoritma yang efisien,efektif ,sederhana dan lebih murah  dalam hal perawatannya  tetapi permodelannya lebih susah untuk dipahami oleh orang- orang selain pembuat program itu sendiri
Sedangkan OOP  memiliki sifat maintenance yang artinya program lebih mudah dibaca dan dipahami dan pemrograman berorientasi obyek mengontrol kerumitan program hanya dengan mengijinkan  rincian yang dibutuhkan untuk programmer 

Jadi perbedaan diantara Pemrograman struktur dan OOP adalah Pemrograman struktur memuat algoritma yang sederhana namun permodelannya susah dipahami oleh programmer sedangkan OOP permodelannya mudah karena dirancang melalui penyisipan objek-objek sehingga dalam pembuatan software yang rumit dan kompleks lebih mudah

 Sumber : http://gutti211.blogspot.com/2011/10/perbedaan-pemograman-berorientasi-objek.html
Dengan sedikit perubahan :)

Encapsulation(Pengapsulan)

            Pengapsulan adalah proses pemaketan data bersama metode-metodenya.manfaat utama pengapsulan adalah menyembunyikan rincian-rincian implementasi dari pemakai.Bagian internal objek mempunyai ketampakan terbatas dibanding bagian eksternal objek 

            Pengapsulan menyediakan dua manfaat bagi pemrogram,yaitu:

            1.Penyembunyian informasi
            Penyembunyian implementasi(implementation hiding) mengacu perlindungan implementasi internal objek.Objek disusun dari antarmuka public dan bagian private yang merupakan kombinasi data dan metode internal.Manfaat utama adalah bagian internal dapat berubah tanpa mempengaruhi bagian-bagian program yang lainnya.

            2.Modularitas
                        Modularitas(modularity) berarti objek dapat dikelola secara indepeden.karena kode sumber bagian internal objek dikelola secara terpisah dari antarmuka,maka kita bebas melakukan modifikasi yang tidak menyebabkan masalah pada bagian-bagian lain dari sistem.Manfaat ini mempermudah mendistribusikan objek-objek di sistem.





           



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Fun To Programming -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -