Posted by : Fun To Programming Sabtu, 29 September 2012





    
Apa yang dimaksud dengan Desain Grafis?

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).


Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak....
Sumber: (http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis)

Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis :
Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan
(Sumber : http://histi.wordpress.com/2008/03/03/apa-itu-desain-grafis/)

Kalau menurut saya Desain Grafis adalah segala sesuatu yang berbentuk keterampilan seni baik visual ataupun komunikasi  dituangkan dengan menggunakan berbagai media elektronik ataupun media cetak..guna menyampaikan informasi apa yang ingin disampaikan oleh pembuat grafis itu sendiri...
Sumber: (pendapat saya sendiri :) )

Apa yang dimaksud dengan permodelan grafis?

-Desain Pemodelan Grafis adalah suatu proses pembuatan,manipulasi dan menyimpan suatu objek dengan menggunakan perangkat lunakk (Software)komputer
(Sumber:http://aaf-aafwulan.blogspot.com/2011/09/desain-pemodelan-grafis.html)

-Model Grafis adalah suatu model yang penggambarannya diwujudkan dengan gambaran garis, simbol dan bentuk gambar.


Definisi-definisi grafik:

a. Point / titik yang biasa disebut juga pixel. Pixel merupakan singkatan dari picture element, kadang-kadang juga disebut pel. Pixel merupakan satu titik dalam satu grid berbentuk persegi atau juga beribu titik secara individual “dilukis” menjadi suatu bentuk image yang dihasilkan pada layar komputer atau pada kertas oleh sebuah Printer

b. Line / garis yaitu Garis lurus yang menghubungkan 2 titik


c. Vertex yaitu Titik pada 3D

d. Edge yaitu garis pada 3D yang menghubungkan 2 vertex

e. Polygon / Face / Facet yaitu bangun sembarang yang terbentuk dari vertex-vertex yang terhubung. Merupakan unit fundamental dari grafik komputer 3D.

f. Raster berasal dari sistem TV yang menggunakan kolom pixel. Keuntungannya adalah dapat menggambar benda (model) seperti dunia nyata dengan banyak variasi warna. Namun raster juga memiliki kekurangan yaitu memakan ukuran memory yang besar dan jika di perbesar, gambarnya pecah.

sumber:(http://aldrinpratama.wordpress.com/2011/09/29/pertemuan-1/) 

Kalau menurut saya permodelan grafis adalah suatu cara untuk membuat,memanipulasi,mengkreasikan suatu objek desain grafis yang berbentuk 2D ataupun 3D dengan menggunakan software komputer
Contohnya: 
-Software Desain Grafis 2D menggunakan CorelDraw,Photoshop,Paint,dll
-Software Desain Grafis 3D menggunakan Autodesk Maya,Autodesk 3ds Max,Blender,dll
(Sumber: Pendapat saya sendiri :)

Nama: Hanif Abirama Gumilang
NPM:53410113
Kelas :3IA08
Fakultas:Teknologi Industri
Jurusan:Teknik Informatika
Mata Kuliah :Desain Permodelan Grafik


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Fun To Programming -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -